Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas

Bagi Sobat yang ingin mengurus dokumen kependudukan atau perizinan tapi kerap di buat repot, seperti di suruh bolak balik ke beberapa instansi hanya untuk mengurus satu dokumen seperti mengurus surat-surat lamaran kerja. Salah satu syarat yaitu harus memiliki surat kelakuan baik yang dikeluarkan kepolisian dan surat kuning dari dinas ketenagakerjaan. Pencari kerja pun mesti ke dua lembaga tersebut. Kadang, sehari mengurus tak selesai. Alasannya macam-macam, seringkali karena antrean yang terlalu panjang, hingga kehabisan blanko.

Tapi kini, di Purwokerto sobat tidak perlu repot bolak-balik untuk mengurusi sebuah dokumen atau perizinan, Karena Kabupaten Banyumas sudah punya Mal Pelayanan Publik (MPP). Di MPP, dokumen atau perizinan yang mesti di urus ke berbagai lembaga bisa diselesaikan dalam satu gedung. Terletak di Jalan Dokter Angka Purwokerto Gedung Mal Pelayanan Publik melayani sebanyak 103 jenis layanan.

Pemkab Banyumas telah meresmikan MPP pada 10 Januari 2019 lalu. Di gedung MPP ini Sobat bisa melakukan berbagai pengurusan seperti mengurus perizinan, dokumen, hingga membayar pajak juga bisa Sobat lakukan di Mal Pelayanan Publik Purwokerto.

Sebanyak 18 lembaga yang terdiri dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), SKPD Provinsi, Kelembagaan vertikal (Kementrian) dan Kepolisian mempunyai gerai atau etalase di gedung ini. Selain itu, para pekerja Migran atau TKI bisa mengurus Paspor, sekaligus prasyarat lain seperti dokumen dari dinas tenaga kerja, surat keterangan kepolisian dan lain-lain dalam satu gedung saja.

Pengin Cari Referensi Tempat Liburan Asik ? Baca Juga : 4 Spot Cantik Wisata Baturraden Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Dengan beroperasinya Mal Pelayanan Publik ini, Sobat jadi tak perlu repot keluar masuk dinas hanya untuk mengurus satu perizinan yang melibatkan beberapa dinas. Mal Pelayanan Publik menjadi proyek percontohan mal pelayanan terpadu oleh Kemenpan-RB. Di MPP ini terdapat tujuh instansi vertikal, yakni Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak, dan Bank Jateng. Kemudian, ada Gerai Jateng dan 10 OPD Kabupaten yang memberi pelayanan.

Kabupaten Banyumas menjadi salah satu dari 11 daerah yang ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan MPP berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11/2018 tentang Penetapan Lokasi Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Tahun 2018. Berdasarkan SK tersebut, Pemda wajib menyelenggarakan implementasi MPP sesuai dengan perpu.

Dage Goreng Camilan Khas Masyarakat Banyumas

Satu lagi kuliner khas Kabupaten Banyumas yang terbuat dari tempe dan ada campuran bahan dari ampas kelapa yaitu Dage. Dage pada umumnya disajikan sebagai camilan yang digoreng dan biasanya disajikan dengan cabe rawit atau lombok cengis. Namun demikian tidak sedikit yang mengkreasikan dage sebagai kripik dengan rasa yang gurih dan renyah, ataupun sebagai sayur oseng dage yang dikombinasikan dengan kecambah dan cabe merah.

Berdasarkan bentuknya, bisa sobat bedakan kedalam dua jenis yaitu dage bal dan dage mugas. Dage bal memiliki bentuk empat persegi panjang dengan lebar berkisar lima sampai tujuh centimeter dan panjang kurang lebih 25 cm . Dage bal berwarna cokelat mendekati keabu-abuan, dan pada umumnya diselimuti jamur yang pekat dengan warna keputihan. Bahan dasar pembuatan dage bal adalah ampas kelapa. Jenis dage ini apabila digoreng rasanya gurih bercampur manis.

Foto : hernasoekarseno/Instagram

Sedangkan Dage mugas memiliki bentuk kubus dengan panjang sisinya berkisar antara 3 sampai 4 centimeter dengan bentuk seperti tahu. Warnanya hampir sama seperti warna dage bal, hanya sedikit lebih pekat seperti abu yang disiram dengan air dan permukannya tidak halus seperti dage bal, akan tetapi ada benjolan-benjolan seperti membentuk gambar kacang tanah yang dibelah di seluruh permukannya, ini mengikuti bahan dasar pembuatannya. Jenis dage mugas ini sudah sangat jarang ditemukan, selain rasanya yang sedikit aneh seperti mengandung amoniak juga penggemarnya yang hampir-hampir sudah tidak ada lagi.

Baca Juga : Soto Sokaraja Kuliner Kuah yang Enak Khas Banyumas

Dari dua jenis dage tersebut, dage bal merupakan dage yang beredar luas dipasaran. Hampir setiap pedagang gorengan yang menyediakan pisang goreng, mendoan, tahu, atau jenis gorengan lain, pasti menyediakan dage goreng. Dage goreng hanya bisa bertahan kurang lebih selama 24 jam, dan apabila lebih dari waktu tersebut maka rasanya sudah berubah, bagian luarnya akan terasa asam dan bagian dalamnya menjadi pahit. Proses pembuatan dage, tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan tempe kedelai. Semua bahan-bahan dibersihkan, dikukus, selanjutnya diberi ragi agar terjadi proses fermentasi.

Seiring dengan kemajuan dan kreatifitas masyarakat yang semakin meningkat, kini Dage tidak hanya dijadikan sebagai gorengan saja, akan tetapi telah diolah menjadi makanan bentuk lain yang lebih tahan lama. Mungkin banyak masyarakat yang sudah pernah merasakan nikmat dan gurihnya kripik dage. Kripik dage merupakan hasil kreatifitas masyarakat melihat pangsa pasar kuliner di Banyumas yang cukup menjanjikan. Kripik dage bisa bertahan sampai satu minggu lebih, bahkan bisa mencapai satu bulan.

Soto Sokaraja Kuliner Kuah Enak Khas Banyumas

Kabupaten Banyumas dikenal banyak memiliki kuliner khas yang enak dan terkenal, salah satunya yaitu Soto Sokaraja. Soto yang populer di provinsi Jawa Tengah dan bahkan jadi ikon kuliner nasional ini, merupakan salah satu jenis Soto yang paling banyak di gandrungi banyak masyarakat.

Foto : aprilia_ayu_puspita/Instagram

Soto Sokaraja atau yang biasa disebut oleh masyarakat Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja ini merupakan kuliner soto yang berbeda dari soto di daerah lain, salah satu ciri khas yang dimiliki Soto Sokaraja yaitu penggunaan ketupat dan sambal yang terbuat dari kacang. Sambal kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun sobat menaruh banyak sambal kacang tidak akan terasa pedas.

Baca Juga : Mendoan Kuliner Khas Purwokerto yang Mendunia

Selain sambal kacang, ciri khas lain yang dimiliki Soto Sokaraja adalah krupuk yang digunakan adalah krupuk cantir yang berbahan dasar ketela pohon. Pada proses penyajian Soto Sokaraja, ketupat diiris agak kecil kemudian disiram dengan kuah soto yang berwarna kuning. Sambal kacang yang digunakan sangat mirip seperti sambal kacang untuk pecel, sambal ini bisa di campur langsung dengan kuah soto atau juga bisa dipisah dengan kuahnya.

Foto : vetamandra/Instagram

Soto Sokaraja biasanya dibedakan jadi 2 jenis, tergantung pada daging yang digunakan (daging sapi dan daging ayam). Kuah yang digunakan sesuai dengan dagingnya, apabila menggunakan daging ayam, maka kuah yang digunakan harus terbuat dari kaldu ayam, sebaliknya jika menggunakan daging sapi, kuah yang digunakan harus terbuat dari kaldu sapi. Kuah yang digunakan pada Soto Sokaraja menggunakan sedikit kunyit untuk menampilkan warna kekuningan. Sedangkan untuk citarasa dan keharuman aroma biasanya ditambahkan daun sereh, lengkuas dan jahe.

Waahhh… Jadi kebayang dong gimana lezatnya kuliner yang satu ini, jadi bagi sobat yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas jangan lupa untuk mampir icip-icip kuliner Soto Sokaraja.

5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah

Musim hujan merupakan musim yang paling disukai oleh nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Akibatnya, muncul penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah, karena disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk tesebut.

Untuk mencegah penyakit demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging disetiap sudut rumah, untuk mencegah jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Namun, Sobat juga bisa melakukan pencegahan senderhana di rumah. Berikut 5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah.

1. Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

Air merupakan tempat berkembang biak paling disukai oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2. Perhatikan Perabotan Rumah Tangga yang Menampung Air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti bersarang. Rajin-rajinlah untuk membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu agar mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

Baca Juga : 6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Instagram

3. Gunakan Kasa Nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Sobat bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela rumah.

4. Jangan Menumpuk atau Menggantung Baju Kotor Terlalu Lama

Perhatikanlah gantungan baju Sobat di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika Sobat memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan Lotion Anti Nyamuk atau Kelambu

Ketika Sobat hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Sobat juga tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah.

Wisata Warna di Kampung Pelangi Purwokerto

Liburan biasanya identik dengan pergi ke suatu tempat wisata seperti pantai, gunung, maupun ke kebun binatang. Tapi sobat harus tau nih… ternyata liburan juga bisa sobat lakukan di tengah kota lho. Yups… tepat di jantung Kota Purwokerto terdapat sebuah tempat wisata yang keren, namanya Kampung Pelangi, tempat ini terletak di Rt 3/Rw7, Kelurahan Kranji, Purwokerto Timur.

Foto : tianflogger/Instagram

Mungkin tak banyak yang mengira, kampung yang dulunya kumuh sekarang bisa menjadi tempat yang indah dengan warna warni di setiap sudut kampung nya. Berawal dari pertemuan antar warga yang berkeinginan untuk mengubah suasana lingkungan kampung yang sebelumnya terkesan kumuh menjadi sesuatu yang baru dan indah untuk dilihat. Warga kemudian sepakat untuk mengecat lingkungan kampung dengan beragam warna.

Baca Juga : The Village Purwokerto

Ada sebanyak 46 rumah milik warga Kampung Pelangi yang di cat dengan aneka ragam warna. Selain rumah, lantai serta tembok gang juga tak luput dari cat warna warni. Dan juga jika sobat berkunjung ke Kampung Pelangi, di sepanjang jalan sobat akan di suguhkan dengan beragam gambar-gambra keren dan juga tulisan yang sarat akan makna, karya warga setempat seperti “Sayangi Sungaimu, Seperti Engkau Menyayangi Ibumu”. Ada pula yang bertuliskan “Buang Sampah Sembarangan Akan Masuk Neraka”. Tulisan-tulisan yang di buat oleh warga setempat ini bertujuan untuk mengingatkan para pengunjung akan pentingnya menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan tempat kita tinggal.

Foto : boy.prabowo/Instagram

Jadi, bagi sobat yang ingin berkunjung ke Kampung Pelangi, jangan khawatir bingung mau ngapain. Di kampung ini sobat bisa melakukan beragam kegiatan seperti jalan – jalan melihat keindahan warna warni kampung, bersepeda, atau sobat bisa melakukan selfie bareng teman atau keluarga karena di kampung pelangi ini terdapat banyak sekali spot foto yang pastinya keren abis. Gak akan rugi deh kalo sobat berkunjung ke tempat keren yang satu ini, karena letaknya yang dekat dengan aliran sungai pastinya akan buat suasana jalan-jalan sobat jadi lebih tenang untuk menikmati keindahan di Kampung Pelangi.

Ayuh Plesir Ming Purwokerto

Mendoan Kuliner Khas Purwokerto yang Mendunia

Mendoan merupakan kuliner khas Purwokerto, Kabupaten Banyumas yang terbuat dari tempe dengan balutan tepung terigu yang digoreng. Nama Mendoan sendiri berasal dari kata “Mendo” yang dalam bahasa Banyumas artinya “setengah matang”. Maka tidak heran jika tekstur yang dimiliki oleh kuliner ini agak lembek, karena proses menggorengnya yang setengah matang.

Berbeda dari mendoan dari daerah lain yang digoreng kering. Mendoan khas kota Purwokerto yang digoreng setengah matang memiliki tekstur yang lembek, dan ini menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh mendoan Purwokerto.

Foto : agape.food/Instagram

Proses pembuatan mendoan ini tidak terlalu sulit, yaitu dengan memotong tempe menjadi kotak tipis lalu di masukkan ke dalam adonan tepung yang sudah di bumbui. Kemudian di goreng ke dalam wajan yang berisi minyak panas. Nah… dalam proses menggoreng inilah tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga harus cepat di angkat, karena untuk mendapatkan mendoan dengan tekstur lembek. Selain itu minyak yang digunakan untuk menggoreng pun harus banyak agar kematangan medoan bisa merata.

Mendoan paling nikmat disajikan dalam kedaan yang masih hangat dengan ditemani cengis (cabai rawit yang kecil-kecil) atau sambal kecap. Kalo bicara soal rasa gak usah diragukan lagi, yang pasti mantul (baca : mantap betul). Kebanyakan oleh masyarakat Banyumas mendoan biasa dijadikan sebagai lauk untuk makan atau bisa juga dijadikan camilan di saat santai ataupun saat sedang turun hujan.

Bahkan seiring perkembangan zaman, kuliner khas Purwokerto yang satu ini sudah menyebar sampai ke eropa, salah satunya ke negara Belanda. Banyak restoran Indonesia yang ada di negara kincir angin ini yang menjual kuliner mendoan. Jadi sebagai warga Indonesia, khusunya warga Banyumas kita harus bangga dengan kuliner yang satu ini ya, MENDOAN kuliner dari desa yang mendunia.

6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Instagram

Di era teknologi seperti sekarang ini, rasanya hampir setiap orang pasti memiliki media sosial seperti Instagram. Platform berbagi foto dan video yang muncul pada 6 Oktober 2010 ini di buat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Seiring perkembangannya, Instagram kini mulai banyak diminati oleh masyarakat untuk digunakan sebagai ladang bisnis seperti membuat online shop yang menjual berbagai produk kuliner, kecantikan, fashion, dan souvenir kreatif.

Bahkan, berkat Instagram kini muncul profesi baru yaitu selebgram yang bisa ber-omset ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan mempromosikan produk-produk lewat platform Instagram sangat luar biasa bukan.

Nah, jadi bagi sobat yang ingin memulai mencoba berbisnis online lewat Instagram, berikut 6 Langkah Bisnis Online di Instagram bagi Pemula :

1. Buatlah Konten yang Menarik

Foto : google.com

Karena Instagram merupakan media sosial yang 100% berisikan gambar dan video, sobat wajib banget untuk membuat sebuah konten yang menarik. Sebelum memposting foto produk ke Instagram ada baiknya sobat melakukan tahapan editing terlebih dahulu untuk mebuat foto produk yang sobat punya lebih keren dan kece.

Foto yang keren dan kece akan membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk melihat konten yang ada di feeds Instagram sobat, jadi kemungkinan produk sobat terjual sangat besar. Nah… Jadi buatlah foto produk yang kekinian dan kece untuk menarik minat calon pelanggan untuk melirik produk yang ada di feeds akun online shop sobat.

2. Manfaatkan Fitur Instagram for Business


Foto : google.com

Instagram menyediakan 2 jenis akun yaitu untuk personal dan untuk bisnis. Jika sobat masih menggunakan akun personal, sekarang sobat bisa mengubahnya secara gratis ke akun bisnis. Sebenarnya dari segi tampilan profil tidak banyak yang berbeda, hanya saja Instagram menambahkan fitur yang lebih informatif di jenis akun bisnis. Di tampilan profil akun bisnis terdapat tombol kontak yang dapat memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi pemilik bisnis. Kemudahan dalam running ads serta fitur insta story yang dapat sobat manfaatkan sebagai tautan (link) juga tersedia di akun bisnis.

3.Posting Secara Berkala

Foto : google.com

Ada puluhan bahkan ratusan akun bisnis di Instagram. Jika sobat hanya update sebulan sekali, yakinlah akan sangat sulit bagi sobat untuk bersaing dengan akun-akun bisnis kompetitor yang lain. Agar bisnis yang sobat punya lebih berkesan dan tetap di ingat di benak pelanggan, sobat harus lebih sering update untuk mengunggah foto produk. Minimal 3 jam sekali atau 1 hari sekali, sobat juga bisa menggunakan fitur insta story untuk selalu mengupdate produk-produk yang sobat jual.

Baca Juga : 5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah

4. Gunakan Hashtag yang Relevan


Foto : google.com

Menambahkan hashtag atau tagar pada setiap postingan sangat berguna. Dengan adanya hashtag, postingan yang sobat buat akan secara cepat tersebar luas di Instagram. Selain itu calon pelanggan akan dengan mudah menemukan akun bisnis sobat jika menggunakan tagar yang benar dan sesuai dengan produk yang sobat jual. Menggunakan banyak tagar di setiap postingan gak masalah kok sobat.

5.Carilah Followers yang Sesuai Segmentasi

Foto : google.com

Agar bisnis yang sobat punya makin tersebar luas, sobat harus mencari followers yang sesuai dengan segmentasi produk yang sobat jual. Follow akun-akun yang kemungkinan dapat menjadi calon pelanggan. Jika mereka tertarik, maka akun sobat akan di follow-back. Nah, kalau sobat menjual produk kecantikan maka follow-lah akun-akun aktif perempuan. Atau sobat bisa menggunakan jasa optimasi Instagram untuk mendapatkan followers aktif yang sesuai dengan segmentasi sobat tanpa perlu ribet. Sobat bisa berkunjung ke website Arisgram.com merupakan jasa optimasi Instagram murah dan terpercaya.

6. Bangun Komunikasi yang Baik

Foto : google.com

Instagram merupakan “media sosial” yang digunakan oleh banyak orang, jadi gunakanlah komunikasi dengan bahasa yang sopan dan santun agar pelanggan dapat dengan nyaman bertanya mengenai produk kita. Dengan menggunakan bahasa yang sopan pelanggan akan dengan senang berkomunikasi dengan sobat, jadi penggunaan bahasa sangat berpengaruh terhadap bisnis yang kita punya.

4 Spot Cantik Wisata Baturraden Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang memiliki luas 1.335Km2 ini,selain terkenal dengan kuliner khasnya yaitu “Mendoan”, Banyumas juga memiliki banyak tempat wisata cantik yang wajib untuk sobat kunjungi.

Salah satu tempat yang recommended banget untuk sobat kunjungi yaitu kawasan Baturraden. Yups… wilayah yang terletak di kaki gunung Slamet ini, menyimpan banyak keindahan alam yang asri. Banyak objek wisata dengan spot cantik yang bisa sobat kunjungi untuk dijadikan tempat selfie bersama keluarga. Nah… bagi sobat yang penasaran sama tempatnya, berikut 4 spot cantik wisata baturraden yang wajib sobat kunjungi rekomendasi tim media purwokerto :

  • Telaga Sunyi
  • Foto : cutfebrina/instagram

    Foto : arditryhandono/instagram

    Foto : mas_jarot/instagram

    Berjarak 2,8 km dari lokawisata Baturraden, Telaga Sunyi menyimpan sejuta keindahan surga alam yang sangat indah untuk sobat kunjungi. Objek wisata alam satu ini cocok bagi sobat yang ingin menikmati suasana sunyi untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota.

    Suasana pegunungan dengan hawa sejuk dan suara air gemericik mengalir terasa begitu menenangkan, telaga yang jernih dengan kedalam 5 meter ini sangat menggoda siapa saja untuk berenang di dalamnya.

    Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas seperti kamar mandi, saung, tempat bermain anak dan mushola untuk wisatawan yang datang berkunjung. Jadi, bagi sobat yang ingin berkunjung untuk menikmati indahnya Telaga Sunyi, cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 13.000 saja.

    Baca Juga : Wisata Warna di Kampung Pelangi Purwokerto

  • Curug Bidadari
  • Foto : krniw/instagram

    Foto : ridho_chiko/instagram

    Foto : iwanfadli/instagram

    Objek wisata yang satu ini cocok bagi sobat yang gemar berpetualang seperti bolang. Suasana sejuk ala pegunungan dan hijaunya pepohonan yang rindang bakal menemani setiap langkah sobat menuju curug yang biasa di sebut juga dengan nama Curug Lawang ini.

    Namun bagi sobat yang ingin berkunjung ke tempat ini harus selalu berhati-hati di perjalanan, karena jalur tracking menuju curug tergolong cukup sulit dan menantang untuk dilalui.

    Curug yang terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden ini memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai goa. Lokasi yang tersembunyi menjadikan objek wisata ini jarang di kunjungi oleh para wisatawan. Jadi bagi sobat yang ingin menikmati suasana alam yang masih asri bisa berkunjung ke Curung Bidadari ini.

  • Kebun Raya Baturraden
  • Foto : eduard_ps/instagram

    Foto : msofyanaffandy/instagram

    Foto : trianfe/instagram

    Berlibur sambil belajar bisa sobat dapatkan saat berkunjung ke Kebun Raya Baturraden yang terletak di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor, Banyumas. Objek wisata yang diresmikan oleh mantan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri pada 2015 silam ini menyimpan banyak jenis flaura seperti liliana, perdu, hingga anggrek.

    Untuk sobat yang berkunjung bersama keluarga tercinta jangan khawatir, karena di sini tersedia fasilitas hiburan seperti wahana permainan untuk anak-anak.

    Cukup membayar Rp 10.000, sobat bisa menikmati panorama alam yang indah nan asri ini, pastinya sobat bakal betah deh untuk berlama-lama di Kebun Raya Baturraden.

    Baca Juga : The Village Purwokerto

  • Small World
  • Foto : smallworld.tmd/instagram

    Foto : smallworld.tmd/instagram

    Foto : smallworld.tmd/instagram

    Objek wisata yang terletak di Jalan Raya Baturraden Barat No.270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden ini merupakan tempat yang hits untuk sobat yang gemar berburu selfie. Liburan sambil belajar bisa sobat lakukan di taman miniatur dunia ini. Pengunjung  seakan diajak untuk berkeliling mengunjungi ikon-ikon terkenal di seluruh dunia, seperti Menara Pisa dan Colosseum dari Italia, Patung Liberty dari Italia, Menara Eiffel dari Perancis, Patung Merlion dari Singapura, Bunga Tulip dan Kincir Angin dari Belanda, Piramida dari Mesir, Petronas Tower dari Malaysia dan Monas dari Indonesia selain itu pengunjung juga bisa menikmati suasana seperti di Jepang dengan keindahan bunga sakura yang di Small World.

    Tananan taman yang indah menjadikan objek wisata ini sangat recommended bagi sobat yang ingin mencari spot untuk berselfie bersama sahabat atau keluarga.

    Hanya dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000 (Senin-Jumat) dan Rp 15.000 (Weekend/Hari libur) untuk anak-anak & Rp 20.000 (Senin-Jumat) dan Rp 25.000 (Weekend/Hari libur) untuk orang dewasa. Small World Purwokerto buka mulai pukul 7.00 – 17.00 WIB.

    Ayuh Plesir Ming Purwokerto

    Wisata Kota Satria – The Village Purwokerto

    Liburan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi sobat yang memiliki rutinitas dan beban kerja yang sangat padat untuk melepas stress. Ada banyak cara yang dapat sobat lakukan untuk berlibur, salah satunya yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata yang asik dan keren. Nah bagi sobat yang lagi nyari tempat berlibur keren untuk selfie-selfie, di kota (satria) Purwokerto ada satu destinasi wisata yang wajib untuk sobat kunjungi yaitu The Village Purwokerto.

    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Baca Juga : 4 Spot Cantik Wisata Baturraden Yang Wajib Untuk Dikunjungi

    The Village merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang populer di kota Purwokerto dan banyak dikunjungi kaum millenial untuk berburu spot foto selfie yang apik. Dibangun di lahan seluas 2,8 hektar, The Village memiliki beragam wahana menarik seperti kebun binatang mini, dimana banyak hewan jinak seperti kuda, kambing, kelinci super imut yang bisa sobat jadikan sebagai teman selfie dan wahana edukasi untuk anak-anak supaya bisa mengenal beragam jenis hewan dengan melihat sekaligus berinteraksi secara langsung.

    Foto : thevillagepurwokerto/instagram



    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Nah selain itu, The Village juga menyuguhkan panorama yang indah tiada tara yaitu danau yang tampak sangan menawan dan dikelilingi oleh taman-taman, juga rerumputan yang hijau. Jadi enggak heran deh, lokasi danau ini jadi salah satu spot favorit untuk para pengunjung melakukan swafoto. Karena objek yang di suguhkan oleh danau ini pastinya akan memberikan nuansa indah pada setiap hasil jepretan yang sobat ambil.



    Foto : thevillagepurwokerto/instagram



    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Capek berkeliling? jangan khawatir sobat, karena di The Village Purwokerto juga ada foodcourt yang menyajikan makanan khas ala timur dan barat, selain itu tersedia juga makanan khas Purwokerto lho… Jadi buat wisatawan luar daerah yang pengin nyoba kuliner asli purwokerto bisa icip-icip di foodcourt, sambil kumpul dan ngobrol asique bareng keluarga tercinta pastinya.



    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Foto : thevillagepurwokerto/instagram



    Foto : thevillagepurwokerto/instagram

    Baca Juga : Wisata Warna di Kampung Pelangi Purwokerto

    Bingung nyari lokasinya dimana ? engga usah khawatir deh… kan ada google maps hehehe… Jadi lokasi The Village Purwokerto terletak di Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

    Harga Tiket Masuk (HTM) ke The  Village Purwokerto sangat terjangkau, jadi aman untuk kantong sobat. Untuk harga tiketnya Rp 15.000/Org (Hari Senin-Jumat) dan Rp 23.000/Org (Hari Sabtu&Minggu) . The Village Purwokerto buka mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Jika sobat berkunjung pada malam hari (18.00 – 22.00 WIB) cukup bayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja.

    Ayuh Plesir Ming Purwokerto.