Soto Sokaraja Kuliner Kuah Enak Khas Banyumas

Kabupaten Banyumas dikenal banyak memiliki kuliner khas yang enak dan terkenal, salah satunya yaitu Soto Sokaraja. Soto yang populer di provinsi Jawa Tengah dan bahkan jadi ikon kuliner nasional ini, merupakan salah satu jenis Soto yang paling banyak di gandrungi banyak masyarakat.

Foto : aprilia_ayu_puspita/Instagram

Soto Sokaraja atau yang biasa disebut oleh masyarakat Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja ini merupakan kuliner soto yang berbeda dari soto di daerah lain, salah satu ciri khas yang dimiliki Soto Sokaraja yaitu penggunaan ketupat dan sambal yang terbuat dari kacang. Sambal kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun sobat menaruh banyak sambal kacang tidak akan terasa pedas.

Baca Juga : Mendoan Kuliner Khas Purwokerto yang Mendunia

Selain sambal kacang, ciri khas lain yang dimiliki Soto Sokaraja adalah krupuk yang digunakan adalah krupuk cantir yang berbahan dasar ketela pohon. Pada proses penyajian Soto Sokaraja, ketupat diiris agak kecil kemudian disiram dengan kuah soto yang berwarna kuning. Sambal kacang yang digunakan sangat mirip seperti sambal kacang untuk pecel, sambal ini bisa di campur langsung dengan kuah soto atau juga bisa dipisah dengan kuahnya.

Foto : vetamandra/Instagram

Soto Sokaraja biasanya dibedakan jadi 2 jenis, tergantung pada daging yang digunakan (daging sapi dan daging ayam). Kuah yang digunakan sesuai dengan dagingnya, apabila menggunakan daging ayam, maka kuah yang digunakan harus terbuat dari kaldu ayam, sebaliknya jika menggunakan daging sapi, kuah yang digunakan harus terbuat dari kaldu sapi. Kuah yang digunakan pada Soto Sokaraja menggunakan sedikit kunyit untuk menampilkan warna kekuningan. Sedangkan untuk citarasa dan keharuman aroma biasanya ditambahkan daun sereh, lengkuas dan jahe.

Waahhh… Jadi kebayang dong gimana lezatnya kuliner yang satu ini, jadi bagi sobat yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas jangan lupa untuk mampir icip-icip kuliner Soto Sokaraja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *