5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah

Musim hujan merupakan musim yang paling disukai oleh nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Akibatnya, muncul penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah, karena disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk tesebut.

Untuk mencegah penyakit demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging disetiap sudut rumah, untuk mencegah jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Namun, Sobat juga bisa melakukan pencegahan senderhana di rumah. Berikut 5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah.

1. Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

Air merupakan tempat berkembang biak paling disukai oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2. Perhatikan Perabotan Rumah Tangga yang Menampung Air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti bersarang. Rajin-rajinlah untuk membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu agar mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

Baca Juga : 6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Instagram

3. Gunakan Kasa Nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Sobat bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela rumah.

4. Jangan Menumpuk atau Menggantung Baju Kotor Terlalu Lama

Perhatikanlah gantungan baju Sobat di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika Sobat memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan Lotion Anti Nyamuk atau Kelambu

Ketika Sobat hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Sobat juga tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *