6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Instagram

Di era teknologi seperti sekarang ini, rasanya hampir setiap orang pasti memiliki media sosial seperti Instagram. Platform berbagi foto dan video yang muncul pada 6 Oktober 2010 ini di buat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Seiring perkembangannya, Instagram kini mulai banyak diminati oleh masyarakat untuk digunakan sebagai ladang bisnis seperti membuat online shop yang menjual berbagai produk kuliner, kecantikan, fashion, dan souvenir kreatif.

Bahkan, berkat Instagram kini muncul profesi baru yaitu selebgram yang bisa ber-omset ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan mempromosikan produk-produk lewat platform Instagram sangat luar biasa bukan.

Nah, jadi bagi sobat yang ingin memulai mencoba berbisnis online lewat Instagram, berikut 6 Langkah Bisnis Online di Instagram bagi Pemula :

1. Buatlah Konten yang Menarik

Foto : google.com

Karena Instagram merupakan media sosial yang 100% berisikan gambar dan video, sobat wajib banget untuk membuat sebuah konten yang menarik. Sebelum memposting foto produk ke Instagram ada baiknya sobat melakukan tahapan editing terlebih dahulu untuk mebuat foto produk yang sobat punya lebih keren dan kece.

Foto yang keren dan kece akan membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk melihat konten yang ada di feeds Instagram sobat, jadi kemungkinan produk sobat terjual sangat besar. Nah… Jadi buatlah foto produk yang kekinian dan kece untuk menarik minat calon pelanggan untuk melirik produk yang ada di feeds akun online shop sobat.

2. Manfaatkan Fitur Instagram for Business


Foto : google.com

Instagram menyediakan 2 jenis akun yaitu untuk personal dan untuk bisnis. Jika sobat masih menggunakan akun personal, sekarang sobat bisa mengubahnya secara gratis ke akun bisnis. Sebenarnya dari segi tampilan profil tidak banyak yang berbeda, hanya saja Instagram menambahkan fitur yang lebih informatif di jenis akun bisnis. Di tampilan profil akun bisnis terdapat tombol kontak yang dapat memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi pemilik bisnis. Kemudahan dalam running ads serta fitur insta story yang dapat sobat manfaatkan sebagai tautan (link) juga tersedia di akun bisnis.

3.Posting Secara Berkala

Foto : google.com

Ada puluhan bahkan ratusan akun bisnis di Instagram. Jika sobat hanya update sebulan sekali, yakinlah akan sangat sulit bagi sobat untuk bersaing dengan akun-akun bisnis kompetitor yang lain. Agar bisnis yang sobat punya lebih berkesan dan tetap di ingat di benak pelanggan, sobat harus lebih sering update untuk mengunggah foto produk. Minimal 3 jam sekali atau 1 hari sekali, sobat juga bisa menggunakan fitur insta story untuk selalu mengupdate produk-produk yang sobat jual.

Baca Juga : 5 Tips Terhindar dari DBD atau Demam Berdarah

4. Gunakan Hashtag yang Relevan


Foto : google.com

Menambahkan hashtag atau tagar pada setiap postingan sangat berguna. Dengan adanya hashtag, postingan yang sobat buat akan secara cepat tersebar luas di Instagram. Selain itu calon pelanggan akan dengan mudah menemukan akun bisnis sobat jika menggunakan tagar yang benar dan sesuai dengan produk yang sobat jual. Menggunakan banyak tagar di setiap postingan gak masalah kok sobat.

5.Carilah Followers yang Sesuai Segmentasi

Foto : google.com

Agar bisnis yang sobat punya makin tersebar luas, sobat harus mencari followers yang sesuai dengan segmentasi produk yang sobat jual. Follow akun-akun yang kemungkinan dapat menjadi calon pelanggan. Jika mereka tertarik, maka akun sobat akan di follow-back. Nah, kalau sobat menjual produk kecantikan maka follow-lah akun-akun aktif perempuan. Atau sobat bisa menggunakan jasa optimasi Instagram untuk mendapatkan followers aktif yang sesuai dengan segmentasi sobat tanpa perlu ribet. Sobat bisa berkunjung ke website Arisgram.com merupakan jasa optimasi Instagram murah dan terpercaya.

6. Bangun Komunikasi yang Baik

Foto : google.com

Instagram merupakan “media sosial” yang digunakan oleh banyak orang, jadi gunakanlah komunikasi dengan bahasa yang sopan dan santun agar pelanggan dapat dengan nyaman bertanya mengenai produk kita. Dengan menggunakan bahasa yang sopan pelanggan akan dengan senang berkomunikasi dengan sobat, jadi penggunaan bahasa sangat berpengaruh terhadap bisnis yang kita punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *